Grafis & Warna
Yang dimaksud grafis (graphics) adalah sesuatu
yang dapat dilihat oleh mata (indera penglihatan). Di dalam mata terdapat organ
yang menerima warna, yang terdiri dari warna: biru, hijau, merah (RGB).
Menurut
penelitian, warna yang dapat dilihat (visible) oleh manusia berjuta-juta
jumlahnya. Jumlah tersebut jauh lebih kecil dari seluruh cahaya-cahaya yang ada
di alam semesta ini.
Manusia
melihat birunya langit, rumput yang hijau, merahnya daun atau darah, dan
lainnya. Ketika melihat suatu warna, corak warna (hue) yang timbul tergantung
kepada pencahayaan (illumination) dan keadaan disekitarnya. Warna, selain dapat
dilihat, sebenarnya akan menimbulkan rasa tertentu bagi yang melihatnya.
Seperti rasa kagum, senang, marah, susah, tenang, sejuk, panas, dingin, dll.
Orang-orang dahulu membagi warna secara alami, yaitu unsur: tanah, langit, api
dan air. Dari tiap-tiap unsur dibagi lagi dari warna terang sampai gelap.
Pada dunia grafis saat ini, dikenal berbagai jenis pembagian
warna. Beberapa macam pembagian warna dapat dilihat seperti berikut:
o RGB (red, green, blue), merupakan warna dasar
dari cahaya.
o CMY (cyan, magenta, yellow), merupakan warna
dasar dari tinta.
o HSV (hue, saturation, value).
o HLS (hue, lightness, saturation)
Gambar Digital
Ketika
manusia melihat sesuatu, ia akan terkesan akan warna, bentuk maupun ukurannya.
Ketika melihat suatu lukisan, layar TV/monitor, tulisan di buku/majalah/koran,
atau bayangan dari suatu benda, kita telah melihat bentuk gambar (image) dua
dimensi (2D). Hal ini akan berbeda ketika kita melihat obyek yang mempunyai
tiga dimensi (3D) yaitu tinggi, lebar, dan kedalaman. Pada ilmu Matematika
dikenal dengan sumbu X, Y, Z. Dalam pelajaran ilmu Seni Rupa dikenal juga cara
menggambar obyek 3D pada kertas gambar / kanvas yang 2D.
Komputer pada dasarnya hanya mengenal sinyal hidup (1) dan sinyal mati (0). Satuan ini dikenal dengan istilah bit (b). Karena itu diperlukan suatu cara agar data yang berwujud gambar dapat disimpan, diolah, dan ditampilkan oleh komputer. Cara ini sangat berpengaruh pada ukuran berkas, kecepatan olah, dan kualitas gambar.
Komputer pada dasarnya hanya mengenal sinyal hidup (1) dan sinyal mati (0). Satuan ini dikenal dengan istilah bit (b). Karena itu diperlukan suatu cara agar data yang berwujud gambar dapat disimpan, diolah, dan ditampilkan oleh komputer. Cara ini sangat berpengaruh pada ukuran berkas, kecepatan olah, dan kualitas gambar.
a. Layar Monitor
Gambar
ditampilkan oleh komputer per titik (pixel), tiap titik ini bernilai 0 dan 1.
Sehingga warna dapat ditampilkan tergantung dari jumlah bit:
o 1
bit = 21 = 2 warna
(B&W color)
o 4
bit = 24 = 16 warna
(VGA color)
o 8
bit = 28 = 256 warna
o 15
bit = 215 = 32.768
warna (high color)
o 16
bit = 216 = 65.536
warna (high color)
o 24
bit = 224 = 16.777.216
warna (true color)
o 32
bit = 232 =
4.294.967.296 warna (true color)
Pada
sistem operasi Windows, dapat dilihat pada Display Properties: Titik-titik ini
menyusun suatu dimensi yang terdiri dari tinggi dan lebar (screen area), yang
disebut resolusi layar. Untuk layar, ukuran titik-titik ini sudah ditentukan
seperti:
o 640
x 480
o 800
x 600
o 1024
x 768
Sehingga
semakin tinggi resolusi dan warna, maka semakin ...... tempat yang dibutuhkan
(memory) di komputer.
b. Berkas gambar
Data
yang tersimpan dalam komputer terdiri dari berbagai jenis. Salah satunya adalah
image file atau data/berkas yang berupa gambar. Sama seperti pada layar, berkas
gambar ini mempunyai properti. Berkas gambar yang tersimpan dalam komputer
dapat berukuran lebih kecil dari ukuran sebenarnya, yaitu yang tampil di layar.
Berkas gambar yang rasio kompresinya besar akan menguntungkan terhadap ukuran
penyimpanan data, karena lebih hemat tempat. Tetapi dapat juga merugikan, yaitu
pengolahan gambar lebih lama dan kualitas gambar akan turun.
Bitmap vs Vektor
Berkas
gambar yang tersimpan pada komputer pada dasarnya terdiri dari dua metode:
a. Bitmap
Metode
bitmap (Raster Image) ini menyimpan gambar ke dalam titik (pixel) dan menyimpan
setiap informasi warna setiap titik. Berikut ini adalah beberapa jenis berkas
berformat bitmap:
o Windows
Bitmap (.bmp)
o CompuServe
Graphics (.gif)
o Joint
Photo Expert Group (.jpg, .jpeg)
o ZSoft
Paintbrush (.pcx)
o Truevision
(.tga)
o Aldus
Corporation (.tiff)
o GIMP
XCF (.xcf)
o Photoshop
(.psd)
Format
ini biasanya digunakan untuk merekam (capture) obyek/pemandangan sehari-hari,
yang tidak bisa dibuat oleh manusia. Contohnya: pemandangan,
kejadian/peristiwa, dll. Sehingga format ini sering juga disebut format Photo
(kenapa?.....) Kekurangannya adalah bila gambar tersebut diperbesar, seperti
contoh:
Kelebihan
dari obyek gambar bitmap adalah penambahan efek khusus tertentu.
b. Vector
Metode
vektor (Meta Image) menyimpan gambar berdasarkan bangun geometrinya (titik,
garis, dll) dan disimpan dengan rumusan matematik. Berikut beberapa format
gambar vektor:
o CorelDRAW
(.cdr)
o Computer
Graphics Metafile (.cgm)
o Autodesk
(.dxf, .dwg)
o Encapsulated
PostScript (.eps)
o Microsoft
Windows Metafile (.wmf)
Gambar
vektor tidak dapat menghasilkan gambar yang photo-realistic. Tetapi
kelebihannya adalah tidak dipengaruhinya ukuran asalnya, sehingga dapat diperbesar
tanpa menurunkan kualitas gambarnya.: Dari gambar vektor, kita dapat membuat
gambar bitmap dengan mudah dan cepat. Tetapi tidak untuk sebaliknya (kenapa?
......)
Program Grafis
Untuk mengolah berkas gambar (image file) kita harus menggunakan
program grafis (graphics software). Sama dengan program lain, program grafis
ini berdasarkan lisensi (hak cipta) ada yang: komersial, freeware, open source,
dll. Berikut ini adalah tabel beberapa contoh program grafis:
Bitmap:
o Paint
o Kpaint
o Tuxpaint
o Killustrator
o Adobe
Photoshop
o Corel
PhotoPaint
o Macromedia
Fireworks
o Paint
Shop Pro
o GIMP
o CinePaint
Vektor:
o Adobe
Illustrator
o Corel
Draw
o Macromedia
Freehand
o OpenOffice
Draw
o Inkscape
3D:
o 3D
Studio MAX
o Maya
o Povray
o Blender
o Wings
3D
Dari beberapa contoh program grafis tersebut, manakah program
yang populer (sering digunakan)? Program mana saja yang pernah kamu
kenal/gunakan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar