Kamis, 17 September 2015

DIARY KULIAH PERILAKU KONSUMEN

Departement of Aquatic Resources Management (http://msp.fpik.ipb.ac.id/index.php/en/)
Faculty of Fisheries and Marine Science (http://fpik.ipb.ac.id/)
Bogor Agricultural University IPB (http://ipb.ac.id/ )

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (http://ikk.fema.ipb.ac.id/id/)
College of Human Ecology (http://fema.ipb.ac.id/id/)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Dosen Mata Kuliah : Perilaku Konsumen (IKK233)

Prof. Dr. Ir. UJANG  SUMARWAN, MSc  
Prof. Dr. Ir. Ujang  Sumarwan, MSc
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc

Textbook :













Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.


Kuliah Jum'at 11 September 2015, at 13.00-15.30PM

           Aktivitas kuliah sudah menjadi hak seorang mahasiswa. Saya mahasiswa semester lima dari Departemen Manajemen Sumber Daya Perairan, IPB. Kurikulum yang diterapkan oleh IPB mungkin memiliki perbedaan dengan universitas di Indonesia pada umumnya, yakni kalau di IPB sendiri menerapkan progam kurikulum Mayor-Minor, atau Supporting Course (Mata Kuliah Penunjang). Nah, mayor minor itu artinya mayor yakni kurikulum yang diampu oleh departemen (istilah jurusan kalo umumnya), sedangkan minor itu diambil diluar departemennya. Nahh, saya sendiri lebih tepatnya mengambil SC (Supporting Course) karena hanya untuk mendukung mayor yang saya ambil. SC inipun boleh diambil diluar departemen kita yang gunaanya kembali ke hal seperti yang saya jelaskan sebelumnya, yakni untuk medukung mayor saya, Departemen Manajemen Sumber Daya Perairan.
          Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya dapat di kuliah Scdari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK IPB), yakni salah satunya mata kuliah “PERILAKU KONSUMEN” (IKK233). Sekedar For Your Information aja sih.. J. Nahh..mata kuliah ini menerapkan tatap muka kuliah saja tanpa praktikum,yang mana dalam sekali pertemuannya berlangsung selama 2,5 jam. Tepatnya saya dapat jadwalnya pada hari Jum’at, Pukul 13.00 sampai dengan Pukul 15.30.heheh, udah kebayang jam siang-siang dan betapa mengantuknyaa hehe, tapi resiko lah, tergantung dengan niat kita, datang untuk apa? Kuliah-kah? Tidur-kah? Semua kita yang nentuin disitu.
Mata Kuliah ini intinya membahas mengenai pola perilaku yang dimiliki oleh setiap konsumen dalam melakukan transaksi jual beli dalam suatu produk, disamping itu juga, edukasi mengenai bagaimana cara menjadi konsumen yang cerdas; pandai memilih produk yang baik, motivasi konsumen dalam memutuskan pilihan terhadap produk atau layanan jasa, dan mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan dalam melakukan pembelian produk/jasa. Disisi lain, edukasi mengenai bagaimana membangun suatu relasi sosial yang berkaitan terhadap promosi produk/jasa, upaya memasarkannya dengan khalayak luas. Perilaku konsumen ini merupakan bagian dari ranah ilmu sosial, berkenaan terhadap pengendalian disipiln ilmu konsumen dan konsumsi konsumen terhadap produk atau layanan jasa tersebut.
Kesan mengikuti kuliah ini memang dasarnya kuliahnya santai dan fun. Basic saya dari background ilmu sains, dan mengambil ilmu sosial sebagai pengetahuan pendukung memantapkan sebagai bekal yang baik ke depannya. Ibaratnya, ilmu sains terkuasai disisi lain bekal bersosialisasi juga mendukung. Manusia sebagai makhluk pengguna atau konsumen berkaitan erat dengan pelanggan, pengguna, pembeli barang/jasa, untuk memenuhi kebutuhan barang/jasa dalam kehidupan sehari-hari. Dampak konsumen bisa memenuhi kebutuhannya, dengan timbulnya rasa terpuaskan dalam diri konsumen yang berimbas terhadap konsumsi barang/jasa secara berkelanjutan dan teratur terhadap barang atau jasa yang dibutuhkan. Dalam memenuhi kebutuhan sendiri, sebagai konsumen yang cerdas, kita baiknya memang bisa membedakan mana hal yang kita butuhkan atau yang kita inginkan. Berbedanya dengan kita menuruti keinginan saja,tentunya kita mudah bersifat konsumeristik dan boros. Dilain sisi, jika mengedepankan kebutuhan, mana hal yang sesuai kebutuhan dan mana yang bukan, bisa terpenuhi dengan semestinya.


KONSUMEN CERDAS : GOOD CHOICE, GOOD LIFE !!!!! JJJJ  

Best Regards:
Ari Sahdad / C24130004
Departement ofAquatic Resources Management 
IPB

#Mahasiswa #Kuliah #PerilakuKonsumen #IPBJuara 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar